online stock trading best, beginilah cara beli saham secara daring - jurnalku

My Youtube Video

online stock trading best, beginilah cara beli saham secara daring

Belajar Bermain Saham Di Platform Perdagangan Saham Daring Yang Terbaik Untuk Pemula.

online stock trading best


Online stock trading best atau pialang perdagangan saham secara daring terbaik yang menggunakan teknologi internet, teknologi informasi dan komunikasi dalam melakukan jual beli saham.

Untuk para pemula yang ingin belajar bermain saham dapat mempelajari seluk beluk bermain saham di platform online stock trading best atau portal perdagangan saham secara daring terbaik dengan cara yang mudah.

Untuk membeli saham secara daring anda harus memilih salah pialang, lalu membuat akun, kemudian mengikuti langkah-langkah seperti mengisi data diri anda, menyetor sejumlah uang untuk pembelian saham di platform pialang saham daring terbaik atau online stock trading best.

Sebelum adanya platform perdagangan saham secara daring, pembelian saham dilakukan secara offline di Pasar Saham yaitu tempat investor membeli dan menjual saham, dan tempat penerbitan saham oleh perusahaan publik.

Pada saat awal berdirinya Pasar saham, Bursa Saham, atau Bursa efek, saham dicetak diatas kertas seperti layaknya sertifikat, akan tetapi sekarang menggunakan teknologi digital dan tidak lagi menggunakan kertas atau paperless. 

Pasar Saham atau Bursa Saham memiliki regulasi dan fasilitas untuk investor, pialang dan perusahaan publik untuk melakukan transaksi jual beli saham dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi menerbitkan indeks saham gabungan yang diperdagangkan di Bursa. 

Pasar Saham atau Bursa Saham merupakan salah satu komponen pasar bebas yang hanya bergantung pada penawaran dan permintaan saham, reksa dana, dan sebagainya, nyaris tanpa intervensi dari pemerintah. 

Perusahaan publik dapat mencari dana segar dari pasar saham, dan Investor dapat diuntungkan dengan mendapat capital gain dan dividen.

Pasar Saham ada dua macam, yaitu :

1. Pasar Perdana 

Pasar perdana yaitu pasar dimana suatu perusahaan menerbitkan dan menjual saham mereka kepada masyarakat atau publik initial public offering (IPO). 

Perusahaan yang melakukankan IPO akan dikenakan biaya oleh Bursa saham atau Pasar saham. 

2. Pasar Sekunder 

Pasar Sekunder yaitu pasar saham yang menyediakan atau menjual saham-saham perusahaan publik yang sudah terdaftar di pasar saham.

Transaksi perdagangan saham di pasaar sekunder juga dikenakan biaya oleh Bursa saham atau Pasar Saham. 


Beberapa pihak yang berhubungan dengan perdagangan saham, yaitu :

A. Perusahaan Sekuritas

Perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang terdaftar secara resmi di Bursa saham dan berfungsi sebagai agen yang mewakili investor untuk melakukan penjulan dan pembelian saham.

B. Manajer Portofolio:
Manajer Portofolio yaitu profesional yang berinvestasi di portofolio saham dan mengoleksi sejumlah sekuritas untuk kliennya. 

C. Investment Banker
Investment Banker adalah mereka yang mewakili perusahaan yang akan melakukan IPO, dan perusahaan yang terlibat dalam proses merger atau proses akuisisi, dengan cara menangani proses pencatatan sesuai dengan persyaratan peraturan pasar saham.

D. Custodian
Custodian merupakan penyedia layanan yang menjaga dan melakukan penyimpanan produk sekuritas untuk meminimalkan dari resiko kehilangan.

F. Market Maker
Market maker merupakan sekuritas terpilih yang menyediakan kuota bid dan offer suatu saham dalam jumlah yang memadai untuk memastikan likuiditas yang cukup.

Bagi pemula yang ingin membeli saham sebaiknya anda berlatih lebih dahulu dengan menggunakan akun virtual perdagangan saham secara daring atau aplikasi, lalu membeli saham dalam jumlah kecil untuk menghindari kerugian yang tidak perlu.

Beberapa pialang perdagangan saham daring terbaik menawarkan pembelian saham dengan harga dibawah 100 US$ untuk pemula, atau menawarkan saham pecahan yaitu pembelian sebagian satu saham besar jika tidak mampu membeli secara penuh.

Untuk pembayaran pembelian saham dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara mentransfer sejumlah uang ke rekening pialang saham atau dengan membuat cek untuk dikirim ke kantor pialang saham.

Sebelum memutuskan saham apa yang ingin anda beli sebaiknya anda meneliti terlebih dahulu perusahaan apa yang ingin anda beli sahamnya, dan tentukan tujuan pembelian saham apakah untuk dijual kembali atau untuk investasi. 

Setelah mengidentifikasi saham apa yang anda pilih, lalu lakukanlah riset dengan cara membaca laporan tahunan perusahaan publik yang sahamnya ingin anda beli, lalu pelajari tentang apa yang terjadi dengan bisnis mereka, dan pelajari angka-angka dalam laporan keuangan tersebut. 

Biasanya informasi dan alat analisis yang dibutuhkan oleh investor untuk melakukan evaluasi kinerja suatu bisnis tersedia di situs web pialang saham. 

Kebanyakan pialang saham secara daring terbaik atau online stock trading best memberikan tutorial tentang cara menggunakan alat mereka dan bahkan mengadakan seminar dasar tentang cara memilih saham.


Berikut adalah langkah-langkah untuk membeli saham. 

1. Memilih pialang saham yang memiliki rekam jejak yang baik, yang memiliki aplikasi perdagangan saham daring yang canggih, transparan dalam hal biaya transaksi saham, dan menawarkan investasi yang aman menguntungkan. 

Pialang saham secara daring terbaik atau online stock trading best seringkali mengadakan webinar, memiliki video tutorial, dan saluran komunikasi langsung untuk investor pemula. 

2. Membuat rekening saham untuk melakukan transaksi saham secara online atau daring. 

3. Membuat rekening Dana Nasabah, yaitu rekening khusus yang dibuat di bank untuk menyimpan dana transaksi jual beli saham seperti deposit, setoran modal untuk transaksi saham, dan hasil penjualan saham. 

4. Menyetor deposit untuk transaksi saham perdana anda ke rekening Dana Nasabah. 

5. Melakukan transaksi beli saham setelah menentukan banyaknya lembar saham yang akan dibeli. 

Mulailah dengan membeli satu atau dalam jumlah sedikit sebagai uji coba, atau membeli saham pecahan dari saham besar yang mahal harganya. 

6. Memeriksa saham yang baru saja dibeli di halaman Portofolio pada platform atua aplikasi perdaganan saham, yaitu informasi kepemilikan saham anda. 

Jika anda ingin menjual saham anda setelah beberapa waktu dan karena ingin mendapatkan keuntungan dikarenakan harga saham sedang naik. 

7. Jika anda memiliki beberapa jenis saham, pilih saham apa yang akan dijual, berapa lembar saham yang akan dijual, dan berapa harga yang anda inginkan. 

8. Menyelesaikan transaksi perdagangan saham dalam waktu kurun waktu dua hari perdagangan, semenjak transaksi dilakukan, termasuk fee untuk pialang yang melakukan order transaksi. Jika telambat menyelesaikan settlement transaksi saham anda akan dikenakan denda.


Berikut adalah platform perdagangan saham daring terbaik atau online stock trading best.

  • Robinhood
  • E-Trade
  • Fidelity
  • TD Ameritrade
  • Charles Schwab


Diolah dari beberapa sumber, semoga bermanfaat....




0 Response to "online stock trading best, beginilah cara beli saham secara daring"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...